Tuesday, March 31, 2015

Sedikit Cerita Di Yamaha Sunday Race R Cup


Pada hari Minggu ku jalan-jalan ke Sentul, Naik motor istimewa kududuk di jok-nya ^_^"
Kemarin Minggu 29 Maret 2015 saya berkesempatan untuk menyaksikan gelaran balap yamaha. Yap acara ini diadakan oleh yamaha Indonesia sebagai ajang unjuk kemampuan dan menyalurkan hasrat balapan bagi para owner yamaha R series, wah seru juga kayanya.


Sayang sekali acara yang sebenarnya mulai jam 10 sementara saya baru datang jam 2 siang, jadi agak kebagian 'sisa' nya, yah ga apa-apa lah.
Ssat sampai di lokasi, kerumunan lebih banyak di area parkiran (sekitar panggung pertunjukan) yang dipenuhi oleh anak-anak dan remaja, sementara di bagian dalam di kerumuni oleh penonton-penonton yang memang ingin menyaksikan balapan. Saya sendiri juga niat awalnya hanya ingin menyaksikan balapan dan ingin lihat langsung beberapa Big Bike yamaha.
Balapan r15 sedang berlangsung ketika saya masuk, kerumunan penonton hanya terfokus di satu tribun, sementara tribun yang lain sedikit sekali bahkan kosong. Karena sebelumnya saya sudah pernah menempati tribun tengah, dan agak bosan juga sebenarnya melihat motor ngebut di straight (motor ngebut lurus? di jalan raya juga banyak ^_^)
Sengaja saya memisahkan diri dari kerumunan penonton, agar lebih dekat dengan tikungan pertama

Jadi pergilah saya ke tribun paling ujung yang dekat dengan belokan pertama, yah hitung-hitung ingin lihat dari dekat rider yang lagi cornering haha, sampai nempel-nempel lututnya, atau bahasa kerennya knee down, (semua orang juga tau hhi), bahkan di kelas r6 (entah kelas profesional atau bukan) ada rider yang sikunya hampir nyentuh aspal, wuihh udah kaya marquez aja tuh.
 Akhirnya aksi yamaha R15 selesai, tanpa nunggu lama, kelas yang saya tunggu-tunggu akhinya dimulai (lagi), yap, balapan R6 dan juga tanpa sepengetahuan saya merupakan balapan R6 terakhir -_-" yah konsekuensi datang super terlambat. Di hari terakhir, di jam-jam terakhir.
Tujuan saya datang kesini juga karena ingin membandingkan suara r6 sama zx636 yang kalau saya dengar dan tonton via youtube, menurut saya suara r6 agak gimana gitu, engga se loud saingannya, karena sebelumnya udah pernah dengar suara zx636 pakai m4 exhaust, in person of course, sekarang giliran r6, hehe maklum ga punya motornya, jadi penasaran abis, dan tentu saja suara dari video sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan bila mendengarnya secara langsung.
Balapan R6 pun dimulai, suaranya keren abis intinya, agak was-was juga setiap kali melihat rider  yang akan masuk tikungan pertama pada mantul-mantul gitu (gimana ya menjelaskanya) karena ada bumpy kecil, tapi ga ada yang jatuh untungnya, hebat-hebat semua.
Setelah beberapa lap, saya memutuskan pindah lokasi keluar dari tribun karena ingin melihat lebih dekat lagi aksinya, posisi saya waktu itu ada di dekat belokan pertama.

tikungan pertama selepas straight

disini lebih jelas nontonnya
Disini benar-benar jelas mana pembalap yang cepat dan mana yang (agak) lambat, orang awam seperti saya pun bisa tahu mana pembalap yang masuk tikungan nya cepet banget dan mana yang agak santai ^_^, tapi semuanya hebat kok, belum tentu saya lebih baik dari mereka.
yamaha r25 race


foto ala kadarnya, lagi battle berdua tuh

Akhirnya balapan R6 selesai, dan di lanjut lagi dengan balan R25 (kelas pro dan komunitas). Dari ketiga kelas yang berlangsung, saya gak tau mana yg menang, maklum posisi saya jauh dari stand podium. Setelah tengok sana-sini, balapan udah kelar semua, tribun semakin kosong. Tapi di bagian luar (parkiran) masih penuh sekali dengan remaja yang mengerubuti panggung.
diluar masih banyak orang, sampai keparkiran, sayangnya saya kurang tertarik

tribun sudah hampir kosong, karena memang udah ga ada apa-apa lagi
Sengaja saya muter-muter sebentar sebelum pulang, akhirnya ketemu juga stand big bike nya, terlihat ada Yamaha YZF-R1, MT-09, dan tentu saja YZF-R6, padahal lokasi sekitaran situ sudah agak sepi, stand2 apparel juga sudah beres-beres bersiap pulang. langsung saja foto sana-sini, oh iya ini pertama kalinya saya lihat mt-09, motornya salah satu bloger terkenal nih, sibuk lihat sana-sini, moge R1 nya di turunin dari stand oleh seseorang, dimasukan kuncinya tapi belum di starter, "wah kebetulan nih, pingin denger juga suaranya" pikir saya.
Akhirnya distarter dan terdengarlah suara 4 slinder crossplane crankshaft khas yamaha R1, di tambah pake akrapovic exhaust lagi, wuih mantap.Gak nyangka suaranya sekeren gitu. Padahal suara disitu lagi bising banget sama bunyi panggung musik, tapi suara motornya tetap terdengar jelas, gimana kalo lagi sepi ya.
Kerennya *_*


Yamaha YZF-R6

Sekarang giliran r6, orang yang menurunkan motornya dari stand terlihat agak kesusahan. Oh ternyata ke tiga moge ini akan di angkut pulang lagi pemirsa-pemirsa.
DI foto kaya kecil ya, padahal kalo lihat langsung ini motor lumayan gede,
      Tiba giliran mt-09 yang diturunan dari stand menggunakan alat bantu, semacam tanjakan kecil gitu, supaya mudah di turunkan dan gak perlu di angkat-angkat, (lagian moge mana bisa dengan mudah di angkat-angkat hehe).*ga sempet ambil foto R1 sama mt-09 karena terlalu sibuk melototin r6
      Terdengar juga bunyi mesin 3 slinder mt-09, keren bin unik, mv agusta versi yamaha hehe,
Satu persamaan dari ketiga moge tersebut adalah, ukuran ketiganya jauh lebih besar dari yang selama ini saya bayangkan, perasaan waktu saya lihat di IMOS 2014 gak segede gini  ^_^
Oke deh, udah ga ada apa-apa lagi, saatnya pulang...


0 comments:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Post a Comment